Thursday, September 2, 2010

Preambule

Alhamdulillah, akhirnya sempet juga bikin blog setelah dua tahun tertunda karena kesibukan ini - itu.
Blog ini berisi kumpulan puisi dan sajak yang saya tulis sejak tahun 1999 hingga sekarang.

Kecintaan saya pada puisi berawal sejak umur 2 tahun 4 bulan, melalui sajak pendek dan sederhana karya ibu saya sendiri.
Kurang lebih puisinya seperti ini:

"Ibu,
Semua kawan pasti punya ibu
dan ibu sayang kepadamu
turutilah nasehatnya
karena surga itu ada di bawah telapak kaki ibu
bimbinglah kami ibu
agar menjadi orang yang berguna
bagi nusa bangsa dan agama"

Saat itu, mungkin karena itulah sajak pertama dalam hidup saya, maka saya begitu hapal hingga setiap hari saya bisa bersajak dimanapun, depan siapapun atau bahkan sendirian.
Sampai pada usia 2 tahun 10 bulan, saya akhirnya bisa bersajak "Ibu" di panggung kantor Kelurahan Kayu Putih tempat tinggal saya untuk mengisi acara 17 Agustus-an di depan khalayak ramai.

Agak geli mengingat betapa belia usia saya saat dikenalkan ibu dengan dunia sastra yang saya cintai.

Satsrawan yang banyak memberikan pengaruh pada sajak-sajak saya antara lain Sapardi Djoko Damono, Iwan Simatupang, dan yang terbesar adalah Chairil Anwar.
Hingga kini gaya menulis saya banyak bercermin pada Chairil sehingga sajak-sajak yang akan anda simak di blog ini cenderung menciptakan atmosfer yang dingin dan gelap.

Selamat menikmati hasil renungan saya. Kritik dan saran sangat saya harapkan.

:)

No comments:

Post a Comment